Antisipasi Omicron, Gibran: Alat-alat Kota Solo Paling Siap!

JawaPos.com – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku menerima sejumlah instruksi dari Presiden Joko Widodo saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu pulang ke Solo sejak Jumat (17/12). Salah satunya terkait antisipasi Solo terhadap varian Covid-19 Omicron yang mulai meneror Indonesia.

“Ya ada beberapa instruksi, salah satunya penanganan Covid-19 di Kota Solo,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (18/12), dikutip dari Antara.

Selain itu, ia juga menerima arahan terkait pemulihan ekonomi dan proyek pembangunan fisik di kota itu.

Terkait dengan kepulangan Presiden Jokowi ke Solo, ia mengaku hanya bertemu sebentar.

“Iya, jemput Ethes (putra Gibran) diajak ke Jogja. Sampai Sumber sekitar jam 7 (19.00 WIB) habis Maghrib,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan upayanya dalam penanganan Covid-19 menyusul sudah masuknya varian Omicron ke Indonesia, pihaknya hingga saat ini terus melakukan pengawasan.

“Iya, (persiapannya) sama varian Delta kemarin. Bedanya kalau sekarang alatnya siap semua, mungkin kita paling siap,” katanya.

Ia membandingkan saat memuncaknya varian Delta di Indonesia, vaksinasi di Kota Solo masih rendah serta terjadi kelangkaan obat dan oksigen untuk penanganan pasien positif COVID-19.

“Vaksinasinya belum tinggi, terjadinya kelangkaan obat, kelangkaan oksigen. Kalau sekarang siap, warga juga ,aware (peduli) dalam menghadapi pandemi,” katanya.