JawaPos.com – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikora Karnawati mengatakan pihaknya memprediksi selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 yakni 25 Desember hingga 1 Januari akan terjadi hujan lebat di seluruh Indonesia.

Menurut Dwikora, hujan dengan intensitas sedang hanya terjadi di Sulawesi Barat dan juga Maluku pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

“Tampaknya hampir seluruh provinsi di Indonesia itu mengalami hujan lebat,” ujar Dwikira dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (1/12).

Sementara setelah Tahun Baru yakni tanggal 2-8 Januari 2022, Dwikora menuturkan seluruh provinsi juga akan diguyur hujan dengan itensitas lebat. Sementara hanya beberapa daerah saja yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

“Ada beberapa yg mengalami diprediksi hujan intensitas sedang, namun mayoritas hujan lebat,” katanya.

Kemudian sebelum Natal yakni tanggal 18-24 Desember 2021 menurut Dwikora hampir di seluruh Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas lebat. Pasalnya semua provinsi adanya awan hitam.

“Ini menunjukkan awan hitam itu adalah hujan lebat nampaknya, hampir seluruh provinsi di Sumatera kecuali Sumsel dan di Jawa kecuali DKI akan mengalami hujan lebat, bahkan sampai NTT ini hujannya lebat dan intensitas sedang,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Dwikora berpesan kepada masyarakat untuk hati-hati pada periode Natal hingga selesai Tahun Baru 2022. Pasalnya adanya potensi hujan lebat yang mengakibatkan banjir bandang, lonsor, dan gelombang tinggi.

“Poinnya adalah untuk keselamatan, baik transportasi, masyarakat hati-hati karena ada hujan lebat, potensi bencana, banjir, longsor, banjir bandang, gelombang tinggi, itu semakin meningkat. Apalagi di masa pandemi, biasanya daya tahan tubuh juga mulai menurun di kondisi cuaca semacam itu,” pungkasnya.