JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berhasil melewati target Badan Kesehatan Dunia (WHO). Meskipun begitu, kegiatan vaksinasi Covid-19 tetap terus digencarkan. Khususnya di sejumlah provinsi yang tingkat vaksinasinya masih belum tinggi.

Keterangan tersebut dia sampaikan di sela kunjungan kerja di Provinsi Lampung. Ma’ruf berada di Provinsi Lampung selama tiga hari (22-24/12). Dia menyampaikan saat ini vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 70 persen lebih dari target. Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua baru 51 persen.

“Artinya itu, sebenarnya kalau targetnya WHO sudah terlampaui,” kata Ma’ruf. Dia menjelaskan target WHO adalah 40 persen. Pemerintah tetap ingin meningkatkan vaksinasi karena berupaya melampaui target WHO.

“Jadi walaupun sudah melampaui target WHO tetapi kita ingin sesuai (target) kita bahwa ini memang kita ingin percepat lagi,” terangnya. Terutama di daerah-daerah aglomerasi, seperti Jakarta Raya, Solo Raya, serta Bandung Raya. Target percepatan vaksin berikutnya untuk daerah-daerah yang masih kecil tingkat vaksinasinya.

Saat ini masih ada 10 provinsi dengan tingkat vaksinasi yang belum tinggi. Untuk mempercepat vaksinasi ini, pemerintah mengerahkan banyak personel. Mulaindari TNI, Polri, kemudian BKKBN, serta lembaga swasta. Lalu melibatkan perguruan tinggi serta lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Ma’ruf juga menyampaikan saat ini bangsa Indonesia patut bersyukur. Sebab kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sudah landai. Bahkan penanganan Covid-19 di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Padahal Indonesia daerahnya sangat luas. Jumlah penduduk besar dan banyak pulau. “Mungkin ini pertolongan Allah,” katanya. (*)