Malam Ini, 25 Jemaah Berangkat Umrah

JawaPos.com – Di tengah imbauan pemerintah supaya masyarakat tidak ke luar negeri, 25 jemaah tetap berangkat umrah malam ini (23/12). Mereka bukan jemaah dari masyarakat umum, melainkan pengurus asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Salah seorang pengurus asosiasi PPIU yang ikut terbang ke Saudi adalah Sekjen Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umrah Haji (AMPUH) Wawan Suhada. Dia mengatakan, 25 orang yang akan terbang ke Saudi sudah berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. ”Malam ini (tadi malam, Red) mau melaksanakan swab PCR,’’ jelasnya kemarin (22/12).

Wawan menegaskan, status pemberangkatan kali ini sejatinya tidak bisa disebut sebagai penyelenggaraan umrah. Sebab, rombongannya sangat terbatas. Hanya untuk pengurus asosiasi travel umrah. Bukan masyarakat atau jemaah pada umumnya.

Menurut dia, pemberangkatan pengurus asosiasi PPIU sebagai tim advance itu sangat penting. Di Saudi, mereka akan mempelajari dan mengalami langsung pelaksanaan umrah dengan segala protokol kesehatannya. Dengan begitu, bisa menyampaikannya kepada calon jemaah umrah.

Asosiasi lain yang mengirim perwakilan untuk berangkat umrah adalah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI). Rombongan 25 jemaah umrah tersebut dijadwalkan kembali ke tanah air pada 1 Januari 2022.