Mensesneg Tepis Rumor Jokowi Bakal Lakukan Reshuffle Rabu Pekan Depan

JawaPos.com–Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno membantah mengenai rumor yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan reshuffle kabinet pada Rabu 8 Desember pekan depan.

Perombakan kabinet mengemuka sejak Partai Amanat Nasional (PAN) masuk dalam partai politik pendukung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

”Setau saya tidak ada rencana tersebut. Pokoknya semua menteri tetap bekerja seperti biasanya,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/12).

Bahkan Pratikno juga enggan membeberkan apakah PAN akan masuk dalam jajaran kursi menteri setelah merapat menjadi bagian partai pendukung pemerintah. ”Sampai saat ini tidak ada rencana itu. Sampai sekarang belum ada loh ya. Sampai sekarang, sampai sekarang ini belum ada rencana,” kata Pratikno.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, pihaknya mendapatkan isu mengenai perombakan atau reshuffle kabinet bakal dilakukan Presiden Jokowi, Rabu 8 Desember. Namun demikian, Yandri menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi mengenai reshuffle kabinet tersebut. Pasalnya itu merupakan kewenangan dari kepala negara.

Diketahui pada 25 Agustus 2021, PAN resmi bergabung ke koalisi partai pendukung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. PAN menjadi partai kesebelas yang masuk dalam pemerintahan.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku partainya sudah menyodorkan nama Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir sebagai calon menteri di Kabinet Indonesia Maju.