JawaPos.com – Bekas kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait dugaan kasus yang meyangkut suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di Twitter pribadinya soal ‘Allahmu lemah harus dibela’.

Menanggapi hal tersebut, adik Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Lily Wahid mengatakan memang lebih baik kasus yang menimpa Ferdinand Hutahaean tersebut diselesaikan secara hukum.

“Menurut saya memang lebih baik seperti sekarang, agar hukum diselesaikan,” ujar Lily saat dikonfirmasi, Sabtu (8/1).

Lily menuturkan, perlunya kasus Ferdinand Hutahaean diproses hukum agar menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk tidak melakukan suatu hal yang berkaitan dengan SARA.

“Dan lain kali jika ada peristiwa seperti ini maka masyarakat punya patokannya,” katanya.

Lebih lanjut, Lily berpesan ke depan Ferdinand Hutahaean agar lebih bijak lagi dalam melakukan sesuatu hal. Jangan lagi memantik reaksi masyarakat dengan menyinggung hal mengenai SARA.

“Ke depan Pak Ferdinand harus lebih bijak dalam berbicara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama resmi melaporkan Ferdinand ke Bareskrim Polri terkait cuitannya di Twitter pribadinya soal ‘Allahmu lemah harus dibela’.

Ferdinand dilaporkan terkait penyebaran informasi bermuatan permusuhan berdasarkan SARA dan pemberitaan bohong atau hoaks yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat.

Laporan terhadap Ferdinand diterima Bareskrim Polri pada 5 Januari dan terdaftar dengan nomor LP/B/007/I/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI.

Pada laporan tersebut, Ferdinand dikenakan Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-undang (UU) 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dan juga Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 KUHP pasal 45 a ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2, uu 11 tahun 2008 tentang ITE, dan juga pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Diketahui, ramai tagar #TangkapFerdinand di media sosial terutama Twitter. Netizen banyak yang melontarkan kemarahannya gegara cuitan dari Ferdinan Hutahaean tersebut.

Dalam akun Twitternya @FerdinandHaean3, dia sempat mencuit soal ‘Allahmu ternyata lemah’. Cuitan itu dibuat Selasa (4/1). Namun cuitan itu kini sudah dihapus.

“Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela,” bunyi cuitan Ferdinand.