JawaPos.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan sektor kesehatan Indonesia siap menghadapi adanya varian baru Covid-19 yang mengancam. Pencegahan varian Omicron ini tentunya tidak dapat hanya dijalankan oleh pemerintah saja namun juga harus melibatkan peran serta masyarakat.

Luhut menegaskan, segala bentuk pencegahan dapat diterapkan dengan menegakan protokol kesehatan Covid-19 yang tidak boleh jenuh hingga penggunaan Peduli Lindungi yang baik. Langkah preventif merupakan kunci utama agar kita terus terhindar dan dapat keluar dari pandemi ini.

“Perlu saya tegaskan kembali, bahwa sistem kesehatan Indonesia hari ini cukup siap dalam menghadapi adanya varian baru yang kembali mengancam kehidupan kita,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1).

Luhut memaparkan, pemerintah juga terus melakukan langkah-langkah persiapan dengan meminta kepada seluruh daerah agar sedari dini mempersiapkan kesiapan fasilitas Rumah Sakit (RS) dan isolasi terpusat untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, peningkatan testing dan tracing juga akan menjadi program prioritas Pemerintah untuk mencegah kasus Covid meledak kembali.

“Kita harus kompak tidak perlu mencari kekurangan di sana-sini, tapi kita harus saling mengingatkan dengan baik,” tegasnya.

Luhut mengungkapkan, hingga hari ini sudah 178 hari pasca puncak kasus Covid-19 dan Indonesia terus berada pada titik yang rendah dan cukup terkendali dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Saya yakin bahwa Covid-19 hanya dapat dicegah dengan kedisplinan yang kuat dan semangat gotong royong yang dilakukan oleh seluruh elemen bangsa secara terus menerus tanpa terputus,” pungkasnya.