Tekan Kasus Covid-19, Polda Metro Tutup Sejumlah Jalan di Jakarta

JawaPos.com – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mulai malam ini, Sabtu (5/2) pihaknya akan menutup sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta.

Sambodo menegaskan penutupan ruas jalan ini dilakukan guna memenutus penyebaran Covid-19 di Jakarta. Sehingga mobilitas masyarakat dibatasi.

“Ini untuk mengantisipasi meningkatnya angka Covid 19,” ujar Sambodo kepada wartawan, Sabtu (5/3).

Sambodo menjelaskan, sejumlah ruas jalan yang akan ditutup adalah, kawasan Sudirman, MH Thamrin, SCBD, dan Kemang. Penutupan itu dilakukan mulai pukul 24.00 WIB hingga 04.00 WIB.

“Mulai malam ini kawasan Sudirman Thamrin, kawasan Gunawarman Senopati SCBD, dan kawasan Kemang akan kita tutup mulai pukul 24.00 WIB,” katanya.

Sementara terpisah, Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengingatkan kepada masyarakat jangan sampai lengah dan abai terlebih berasumsi bahwa Covid-19 varian Omicron tidak berbahaya. Sehingga baginya itu adalah asumsi yang keliru.

“Ini anggapan yang keliru. Varian Omicron masih berbahaya terutama bagi mereka yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan yang belum di vaksin. Untuk itu langkah yang dilakukan pemerintah pusat adalah kita evaluasi secara menyeluruh,” ujar Rahmad.

Potensi penularan virus korona ini disebut begitu terbuka terutama di tempat-tempat publik. Karena itu legislator PDIP mengimbau masyarakat dapat menahan diri untuk tidak melakukan apapun bentuk kegiatan yang bisa memicu kerumunan massa.

“Saya pikir kegiatan yang mengundang kerumunan cukup berbahaya saat ini,” tuturnya.

Diketahui, penyebaran kasus Covid-19 di tanah air kian melonjak, pada Sabtu (5/2) berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kasus positif orang yang terpapar virus korona bertambah sebanyak 33.729 kasus.

Sementara meninggal dunia tercatat sebanyak 44 orang. Kemudian yang terkonfirmasi sembuh sebanyak 10.471 orang.