JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung di Gerbang Tol (GT) Bitung, Bitung, Sulawesi Utara. Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,4 Km ini merupakan seksi terakhir dari jalan tol pertama di Bumi Nyiur Melambai, yang akan melengkapi Ruas Manado-Danowudu yang telah beroperasi terlebih dahulu pada September 2020.

Jokowi berharap, dengan beroperasinya jalan tol Manado-Bitung secara penuh, maka akan semakin mempermudah pengiriman logistik serta mobilitas orang dan barang, baik ke Pelabuhan Internasional Bitung maupun menuju Likupang, serta muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

“Jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya sekitar 1,5-2 jam, sekarang sekitar 35 menit,” kata Jokowi, Jumat (25/2).

Sementara, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi penyelesaian jalan tol Manado-Bitung sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat atas pembangunan infrastruktur dari barat hingga timur Indonesia. Jalan tol Manado-Bitung yang memiliki total panjang mencapai 39,8 Km ini telah terhubung penuh dari Kota Manado hingga Kota Bitung dan sebaliknya.

“Semoga peresmian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu hari ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pariwisata Likupang,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung Charles Lendra menambahkan, jalan tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara diharapkan juga dapat mempermudah akses menuju kawasan vital yang berada di antara dua kota tersebut seperti Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan juga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

“Dengan Jalan Tol Manado-Bitung yang kini telah beroperasi penuh, maka konektivitas kedua wilayah tersebut menjadi lebih terjangkau dan memiliki daya saing investasi khususnya di Provinsi Sulawesi Utara. Kami juga berharap hal ini dapat menstimulasi arus lalu lintas dari kawasan-kawasan vital di antara dua kota tersebut,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jalan tol Manado-Bitung dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan konstruksi yang dikerjakan oleh Pemerintah sepanjang 14 Km yang terdiri dari Seksi 1A Ruas Manado-Sukur sepanjang 7 Km dan Seksi 1B Ruas Sukur-Airmadidi sepanjang 7 Km.

Konstruksi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol, PT Jasamarga Manado Bitung adalah sepanjang 25,8 Km, terdiri dari Seksi 2A Ruas Airmadidi-Danowadu sepanjang 12,4 Km dan Seksi 2B Ruas Danowadu-Bitung yang diresmikan hari ini sepanjang 13,4 Km. Jalan Tol Manado-Bitung memiliki lima gerbang tol, yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.