JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) di Istana Negara, Kamis (10/3) besok. Tersiar kabar, Bambang Susantono akan memimpin IKN Nusantara.

Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) era Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dikabarkan dipercaya Presiden Jokowi memegang amanah besar memimpin IKN Nusantara.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong masih enggan membocorkan sosok yang akan memimpin IKN Nusantara. “Ya lihat nanti saja. Kalau belum lihat Keppres nya (Keputusan Presiden) belum bisa memastikan,” kata Wandy kepada JawaPos.com, Rabu (9/3).

Terkait pelantikan Kepala Otorita IKN akan digelar Kamis (10/3) besok, Wandy pun tak mau menjelaskan hal tersebut. Dia meminta publik untuk bersabar.

“Maunya sih cepat. Tapi belum tahu juga,” tegas Wandy.

Wandy sebelumnya telah menjelaskan, Kepala Otorita IKN harus memiliki pengalaman membangun dan mewujudkan pembangunan fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan dan swasta. Kepala Otorita IKN mempunyai tantangan besar dalam menjalankan tugasnya.

“Ini sangat dimungkinkan sekali. Karena pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur yakni Kemen PUPR akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN,” ucap Wandy, Selasa (8/3) kemarin.

Selain itu, Kepala Otorita IKN juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemindahan IKN. Mulai dari berbagai kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan IKN, hingga pemerintahan daerah di sekitar lokasi IKN.

Tak hanya itu, kata Wandy, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat dan para ahli, juga menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih calon Kepala Otorita IKN.

“Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi,” terang Wandy menandaskan.