Harga Bahan Pokok Meningkat, Pemerintah Janji Kembali Stabilkan

JawaPos.com – Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo mengatakan bahwa harga bahan pokok saat ini mengalami peningkatan. Bukan hanya minyak goreng saja yang mengalami lonjakan harga.

Berdasarkan pantauan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (9/3) sejumlah komoditas naik. Mulai dari cabe hingga daging sapi dan kerbau mengalami peningkatan harga. “Ada sedikit kenaikan di cabe dan bawang merah naik,” kata dia di lokasi.

Berdasarkan laman infopangan per 8 Maret, harga komoditas jenis cabe merah keriting naik Rp 617 menjadi Rp 52.702 per kilogram (kg). Sementara cabe merah besar naik Rp 711 ke harga Rp 55.111 per kg.

Kemudian, untuk daging sapi has (paha belakang) naik tipis sebesar Rp 222 ke Rp 140.666 per kg. Lalu, untuk daging sapi murni sebesar Rp 869 ke Rp 137.065 per kg.

Selain harga yang mengalami kenaikan, adapula komoditas yang harga jualnya menurun, antara lain adalah bawang putih yang berada di angka Rp 31.212 per kg serta gula putih pada harga Rp 14.159 per kg. “Jadi kita lihat bawang putih juga baik, gula bagus,” seru dia.

Dirinya pun menyampaikan komitmennya untuk dapat melakukan stabilisasi harga pada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga. Salah satu yang tengah dilakukan adalah mendistribusikan daging sapi dan kerbau.

“PR saya dengan Pak Mendag adalah lakukan stabilisasi. Jadi setelah ini action untuk daging akan kita distribusikan daging-daging yang baru datang kemarin, ini untuk memberikan pilihan kepada masyarakat bahwa ada daging yang hot meat, frozen sapi dan kerbau,” tutur Arief. (*)