JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan trofi kepada Miguel Oliveira pada ajang balap MotoGP 2022 di Pertamina Grand Frix of Indonesia, Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3). Pembalap Red Bull KTM Factory Team itu berhasil meraih juara pertama, setelah sempat tertunda selama satu jam akibat cuaca.

Selain Oliveira, Jokowi juga menyerahkan trofi kepada pembalap dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo, yang menempati urutan kedua dan pembalap tim Pramac Ducati, Johann Zarco yang meraih podium ketiga di Mandalika.

Berdasarkan foto Biro Pers Kepresidenan yang diterima JawaPos.com, tampak Miguel bahagia menerima tropi dari orang nomor satu di Indonesia. Miguel mengangkat kedua tangannya dengan mengepal sebelum menerima trofi dari kepala negara.

Jokowi yang terlihat memakai jaket berwarna merah bertuliskan G-20 itu menyerahkan langsung trofi kepada Miguel Oliveira sebagai pemenang MotoGP Mandalika 2022. Penyerahan ini dilakukan, setelah Jokowi menyaksikan langsung event balap motor dunia tersebut.

Usai menyerahkan trofi, Jokowi mengaku menjagokan pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Sayangnya, pembalap asal Spanyol itu dinyatakan tidak fit menjalani balapan usai mengalami kecelakaan di sesi pemanasan.

“Jagoannya Marc Marquez tapi karena dia tidak ikut jadinya ganti jagoan, Fabio Quartararo,” ucap Jokowi.

Meski demikian, Jokowi menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya MotoGP Mandalika 2022. Dia memastikan akan mengevaluasi perhelatan balap motor internasional tersebut.

“Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang,” tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berjanji melakukan perbaikan MotoGP Mandalika apabila ada kekurangan. Dia memastikan, MotoGP Mandalika adalah gelaran jangka panjang. “Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan,” ujar Jokowi menandaskan.