Siap-Siap Tonton Marquez dkk Konvoi Bareng Jokowi, Tunggu Detailnya

JawaPos.com – Kepolisian akan mengkaji terkait persiapan untuk mengawal parade MotoGP yang akan berlangsung di Jakarta pada 16 Maret 2022 mendatang. Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkendara bersama 20 pembalap MotoGP sebelum berangkat ke Mandalika.

Dirlantas Polda Metro Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, terkait detail rencana mekanisme pengamanan seperti apakah ada penutupan arus atau tidak masih menunggu penjelasan resmi dari panitia pelaksana.

“Detailnya seperti apa, termasuk apakah perlu ada penutupan arus atau sebagainya. Nanti bagaimana detailnya, jam berapa, bagaimana, apakah ada jalan yang ditutup atau tidak, nanti akan kita sampaikan ke media setelah mendapatkan penjelasan resmi secara detail dari panitia tentang pelaksanaan kegiatan tersebut,” jelasnya di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/3).

Sambodo menegaskan, pihak kepolisian siap mengamankan parade tersebut. Apalagi, acara tersebut merupakan event besar internasional. “Kita akan siap untuk mengamankan kegiatan event besar itu, untuk mendukung pelaksanaan MotoGP di Mandalika yang akan dilaksanakan pada Maret 2022 ini,” katanya.

Mengutip situs resmi MotoGP, parade ini dilakukan sebagai tanda kembalinya ajang MotoGP di Indonesia setelah 25 tahun. Sekitar dua puluh pebalap akan berpartisipasi di ajang yang dilaksanakan pada 16 Maret 2022 ini.

Adapun ke-20 nama pembalap yang mengikuti parade dan promosi bersama Presiden diantaranya, Joan Mir (Suzuki Ecstar), Alex Rins (Suzuki Ecstar), Marc Marquez (Repsol Honda), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Andrea Dovizioso (RNF Yamaha), Darryn Binder (RNF Yamaha), Johann Zarco (Pramac Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jack Miller (Ducati Lenovo).

Selanjutnya, Luca Marini (VR46 Racing), Marco Bezzecchi (VR46 Racing), Enea Bastianini (Gresini Racing), Fabio di Giannantonio (Gresini Racing), Alex Marquez (LCR Honda), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Bo Bendsneyder (Moto2/Pertamina Mandalika SAG), Gabriel Rodrigo (Moto2/Pertamina Mandalika SAG), Mario Aji (Moto3/Honda Team Asia), dan Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup). (*)