JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar masyarakat yang ingin berlibur dapat melakukannya di wilayah dalam negeri saja.

Menurutnya, selain mencegah masuknya virus Covid-19 varian Omicron ke Indonesia juga dapat memperkuat putaran roda perekonomian RI. Sebab, dengan berpergian di dalam negeri dapat membantu ekonomi kawasan.

“Jadi jangan gagah-gagahan libur ke luar negeri, bantulah ekonomi dalam negeri kita, libur ke Bali, libur kemana,” kata Luhut saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (13/12).

Luhut memaparkan, imbauan untuk tidak berpergian ke luar negeri karena adanya laporan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bahwa di sejumlah negara Eropa seperti Inggris menaikkan status kewaspadaan Covid-19 dari level 3 menjadi level 4.

“Inggris meningkatkan level kewaspadaan Covid-19 dari level 3 menjadi level 4 pasca penambahan 1.239 kasus varian Omicron pada 12 Desember yang berarti dua kali lipat dari 11 Desember,” tuturnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, sebaiknya perjalanan ke luar negeri dapat dikurangi. Sebab, hingga saat ini terdapat lebih dari 70 negara yang telah mendeteksi kasus Omicron. “Di antara negara-negara tersebut termasuk negara tetangga kita,” pungkasnya.