Pesawat Smart Cakrawala Tergelincir, Kru dan Penumpang Selamat

JawaPos.com – Pesawat perintis Smart Cakrawala Aviation tergelincir di lapangan terbang Kampung Bayabiru, Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (26/2) sekitar pukul 10.10 WIT. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Akibat dari kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut, tidak terdapat korban jiwa. Baik yang luka-luka maupun meninggal dunia,” kata Kamal melalui keterangan resminya, Sabtu (26/2).

Ahmad menjelaskan, kejadian tersebut berawal dari pesawat yang membawa empat orang penumpang beserta barang bawaan yang berasal dari Bandar Nabire, Papua. Kemudian, pesawat tersebut mendarat di Lapangan Terbang Bayabiru.

“Ketika sedang landing tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit serta baling-baling pesawat depan menabrak pemukiman penduduk yang berada di sekitar lapangan terbang,” tuturnya.

Kamal menyebut, saat ini kecelakaan tersebut telah ditangani oleh Satreskrim Polres Paniai, Papua. Tim saat ini telah melakukan evakuasi terhadap para kru pesawat. Termasuk empat orang penumpang, barang bawaan.

“Hingga saat ini dua pilot pesawat telah dijemput dengan menggunakan helikopter dari Bayabiru dengan tujuan Nabire,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam rekaman video dan foto yang diperoleh, pesawat yang tergelincir itu bernomor registrasi PK-SNB. Dari informasi yang diperoleh pesawat itu bertipe Pilatus PC-6.