JawaPos.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak mau ketinggalan menyambut gelaran MotoGP seri kedua yang tahun ini kembali ke Indonesia. Bersama sang istri, Siti Atikoh, Ganjar menyaksikan hari kedua ajang MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3).

Ganjar tampak berbaur bersama penonton umum di tribun grandstand A dekat garis start. Tak seperti penonton yang bertiket VIP dan deluxe yang bisa masuk kawasan sirkuit dengan mobil pribadi. Ganjar harus parkir jauh dari sirkuit. Ganjar pun harus antre panjang untuk naik shuttle bus menuju sirkuit, bersama penonton lain.

Namun, gubernur Jateng yang belum lama ini cukur gundul itu justru enjoy menikmati setiap perjalanan. Bahkan di kesempatan itu, dia dan sang istri menyempatkan diri menengok stand UMKM yang menjual produk kerajinan lokal.

Hampir seharian Ganjar di sirkuit. Ia menonton hampir semua sesi. Dari sesi latihan hingga kualifikasi Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sang istri, Siti Atikoh, menyempatkan menonton gelaran MotoGP 2022 Mandalika. Ganjar berbaur bersama penonton umum di tribun grandstand A dekat garis start. (Istimewa)

Aksi para pembalap MotoGP tersebut turut memghadirkan ketegangan tersendiri bagi Ganjar. Dia ikut berseru ketika pembalap Marc Marquez terjatuh dua kali di sesi kualifikasi.

Ganjar pun ikut bertepuk tangan memberi apresiasi pada Fabio Quartararo yang berhasil menjadi pembalap tercepat dan menempati pole position pada balapan MotoGP esok hari.

Melihat hasil kualifikasi hari ini, Ganjar punya prediksi sendiri soal juara balapan MotoGP besok, Minggu (20/3). Dia pun menjagokan si peraih pole position, Quartararo.

“Dia (Quartararo) kan juara dunia 2021 dan besok di pole position, kayaknya bakal menang,” kata Ganjar.
Saat meninggalkan lokasi usai kualifikasi Ganjar langsung diserbu para penonton yang meminta selfie.
Datang langsung di Mandalika kali ini, Ganjar benar-benar memberikan apresiasi atas perkembangan kualitas sirkuit. Dibandingkan ketika Ganjar menyaksikan World Super Bike lalu, menurut dia, saat ini sudah lebih rapi.

“Bangunan sudah banyak yang permanen, pengaturan penonton dan jalur sudah lebih rapi, meski tetap masih ada yang harus diperbaiki,” papar dia.

Ganjar bangga karena gelaran MotoGP Mandalika akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Lombok dan NTB. Termasuk ikut menggairahkan perekonomian di wilayah tersebut.

“Saya lihat dari kemarin hotel penuh, banyak warga berjualan di mana-mana, tidak hanya di sirkuit tapi juga di dekat hotel. Artinya pelaku UMKM lokal terlibat di sini. Ini sangat bagus,” tandas Ganjar. (bay/ria)