JawaPos.com – Vino G Bastian memiliki jam terbang yang cukup tinggi di dunia akting. Puluhan film sudah dibintanginya. Kendati demikian, ia tetap kesulitan memainkan karakter dengan jiwa sebagai perempuan.

Vino G Bastian harus memainkan karakter dengan jiwa perempuan setelah karakter Dika yang dimainkannya mengalami pertukaran jiwa dalam film Baby Blues. Sementara istrinya, Dinda, memerankan karakter atau berekspresi dan bertingkah layaknya laki-laki.

“Kita tidak didandanin jadi perempuan. Di sini tidak ada payuradanya, dan dia (Aurelie Moeremans) nggak jadi laki-laki. Masih Vino, Dika, tapi jiwanya jadi tertukar. Itu yang agak sulit sih. Di sini yang pengin dilperlihatkan bukan dari fisiknya, tapi lebih ke jiwanya,” ungkap Vino G Bastian di bilangan Epicentrum Rasuna Said Jakarta Selatan Jumat (18/3).

Memiliki jiwa yang tertukar sebenarnya salah satu mimpi Vino G Bastian yang terwujud. Sebab, dulu dia pernah punya keinginan untuk memerankan karakter sebagai transgender untuk melengkapi pengalaman aktingnya.

Kini mimpi tersebut akhirnya dapat terwujud. Tapi di film ini, Vino G Bastian merasa tantangannya justru jauh lebih berat dari yang dia bayangkan dulu.

“Orang yang membesarkan, merawat anak dari bayi, dia juga berpotensi menjadi ibu sih sebenarnya. Di sini mendapat kesempatan lebih susah lagi. Di sini cuma jiwanya yang tertukar, tidak ada payudara. Rasanya yang lebih susah dibawakan ke penonton,” paparnya.

Bukan hanya Vino G Bastian yang merasakan kesulian berekspresi saat mengalami pertukaran jiwa. Aurelie Moeremans juga kesulitan berekspresi sebagai laki-laki. Saking sulitnya, dia bahkan mengaku lebih sulit berakting layaknya laki-laki dibandingkan mengurusi anak meski sebelum film ini Aurelie tidak pernah punya pengalaman memegang bayi.

“Ini sangat menantang ya karena aku belum pernah jadi laki laki. Pas akting gimana ya, aku coba berpikir kayak laki laki, nggak cuma gesture doank, tapi juga jiwanya,” kata Aurelie Moeremans.

Memperlihatkan ekspresi layaknya laki-laki, dia lebih banyak mencontoh gestur tubuh Vino G Bastian. Apa yang diperlihatkan bintang film Wiro Sableng itu coba ditiru Aurelie.

“Dia kan ada main PS, jadi aku lihatin dia dan coba meniru kayak dia. Pas reading kita juga ada latihan,” ungkapnya.